5 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe. Ketombe sebenarnya merupakan sebuah keadaan berupa kulit kepala yang mati dan mengering. Namun terkadang masalah ketombe ini menjadi masalah besar apalagi jika sudah jadi ketombe akut karena akan menimbulkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Munculnya ketombe akut bisa menjadi cikal bakal masalah rambut lainnya misalnya kerontokan rambut, kerapuhan rambut, dan kekeringan rambut.


Beberapa faktor penyebab munculnya ketombe antara lain yaitu memakai sisir sembarangan, terpapar terik sinar matahari, masalah stres dan banyak pikiran, kulit sensitif dan alergi, dan memakai produk perawatan rambut yang tidak cocok.

Di sekitar kita ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ketombe, mulai dari cara praktis menggunakan produk-produk perawatan rambut hingga cara tradisional menggunakan bahan-bahan alami. Kali ini saya akan berbagi tips untuk menghilangkan ketombe dari sisi tradisional menggunakan bahan-bahan alami. Langsung saja, ini dia 5 cara menghilangkan ketombe secara alami.

1. Jeruk Nipis


Melenyapkan ketombe menggunakan jeruk nipis bisa sobat terapkan di rumah dan terbukti ampuh untuk berbagai jenis rambut. Caranya yaitu siapkan semangkuk kecil air perasan jeruk nipis, basahi rambut dengan air jeruk nipis hingga mengenai kulit kepala, pijat-pijat dengan lembut, diamkan selama 30 menit, dan bilas dengan air bersih.

2. Lidah Buaya


Sudah menjadi rahasia umum bahwa tanaman lidah buaya atau aloe vera sangat bagus untuk membantu kesehatan rambut. Caranya yaitu sediakan beberapa potong daun lidah buaya, kupas kulitnya hingga mengeluarkan lendir, kemudian balurkan ke seluruh rambut dan pijat-pijat sampai meresap ke kulit kepala. Biarkan 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Cuka Apel


Cuka apel akan membersihkan semua kulit kering di kepala, selain itu juga berfungsi sebagai fungisida yang membasmi jenis jamur penyebab ketombe. Caranya yaitu campurkan setengah cangkir cuka apel dan setengah cangkir air hangat, kemudian balurkan ke kulit kepala sambil dipijat-pijat. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4. Garam


Membersihkan kulit kepala secara alami juga bisa dengan menggunakan garam. Garam mengandung kristal abrasif yang akan bekerja baik sebagai exfoliator alami. Caranya yaitu basahi rambut sedikit terlebih dahulu, kemudian basuhkan garam ke kulit kepala, pijat-pijat dengan lembut, diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Baking Soda


Selain sebagai pengembang kue, baking soda ternyata juga berfungsi sebagai fungisida penghilang jamur di kulit kepala. Caranya yaitu campurkan satu sendok baking soda ke dalam secangkir air, aduk rata perlahan dan balurkan ke rambut hingga kulit kepala, biarkan selama 4 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Menghilangkan Ketombe secara Alami"

Posting Komentar