5 Cara Menghilangkan Komedo secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo. Apakah sobat memiliki masalah komedo? Masalah yang satu ini hampir menyerang semua orang. Komedo muncul disebabkan karena kulit memproduksi minyak secara berlebihan. Kemudian minyak tersebut tertampung di dalam pori selama berhari-hari, bercampur bakteri, mengeras, dan membentuk benjolan kecil.


Komedo pada dasarnya dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu komedo putih atau whitehead, dan komedo hitam atau blackhead. Sebenarnya kedua komedo ini sama, hanya salah satunya tidak tertutup lapisan kulit sehingga mengalami oksidasi dan jadinya berwarna hitam. Biasanya komedo hitam terasa kasar di kulit wajah dan mirisnya lagi sulit untuk hilang.

Namun ada cara-cara terbaik untuk mengatasi masalah komedo ini, yaitu dengan menerapkan cara tradisional yang menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekeliling kita. Bahan alami biasanya dijamin ampuh dan manjur dalam hal mengatasi suatu masalah kulit, salah satunya komedo. Langsung saja, ini dia 5 cara menghilangkan komedo secara alami.

1. Lemon


Lemon masih satu keluarga dengan buah jeruk, hanya saja lemon memiliki rasa yang lebih masam dari jeruk pada umumnya. Meski demikian, lemon ternyata mengandung vitamin C dan zat asam yang dapat membantu mengangkat komedo. (1) Siapkan 1 buah lemon segar, belah jadi 2 bagian. (2) Bilas wajah dengan air hangat agar pori-pori terbuka dan rileks. (3) Gosokkan potongan lemon tadi ke seluruh area wajah. (4) Diamkan selama 10 menit, meski terasa agak perih. (5) Setelah meresap, bilas dengan air dingin hingga bersih.

2. Lidah Buaya


Semua orang tentu sudah tahu manfaat luar biasa lidah buaya untuk rambut. Mulai dari menyuburkan hingga menghitamkan rambut secara alami. Namun lebih dari itu, lidah buaya juga memiliki khasiat ampuh untuk menghilangkan komedo di wajah. Baik komedo hitam ataupun putih, semuanya bisa dibasmi dengan bahan alami satu ini. (1) Sediakan lidah buaya segar secukupnya. (2) Potong menjadi beberapa bagian, lalu ambil lendir di dalamnya. (3) Bersihkan wajah dengan sabun sampai bersih. (4) Oleskan lendir lidah buaya ke area wajah, diamkan sampai kering. (5) Bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

3. Pepaya


Selain bagi kesehatan dalam tubuh, ternyata buah kaya serat ini juga baik untuk merawat kulit, termasuk salah satunya menghilangkan komedo di hidung, dahi, dan area wajah lainnya. Bahkan dengan penggunaan rutin, pepaya yang mengandung vitamin E tinggi ini bisa menjaga kesegaran dan kelembapan kulit secara alami. (1) Haluskan daging buah pepaya, taruh di dalam mangkuk. (2) Campur dengan bubuk kopi  dan aduk sampai membentuk adonan masker. (3) Oleskan merata ke seluruh bagian wajah, terutama area komedo. (4) Jangan lupa pijat sebentar agar komedo terangkat. (5) Diamkan sampai terasa kaku, kemudian bilas dengan air hangat.

4. Garam


Garam merupakan salah satu bahan wajib saat memasak. Semua orang tentu sudah mengenal garam. Bahan hasil laut ini ternyata memiliki kandungan yodium tinggi yang dapat membantu mengangkat komedo. Namun agar kulit tidak mengalami iritasi, sebaiknya hentikan pemakaian setelah komedo benar-benar hilang. (1) Sediakan garam secukupnya saja. (2) Tambahkan sedikit air perasan lemon sampai garam larut. (3) Gosokkan perlahan ke area komedo selama 10 detik. (4) Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

5. Putih Telur


Menghilangkan komedo dengan masker putih telur sangatlah ampuh. Seperti kita ketahui bersama, telur termasuk salah satu sumber protein terbaik, kandungan protein inilah yang berkhasiat untuk mengangkat komedo. Menariknya lagi, masker putih telur juga berguna untuk mengencangkan kulit secara alami. (1) Kocok putih telur seperlunya saja, lebih baik gunakan telur ayam kampong. (2) Setelah membusa, campurkan sedikit perasan jeruk nipis. (3) Gunakan kuas untuk mengoleskan ke seluruh bagian wajah. (4) Setelah agak terasa kaku di wajah, bilas masker tadi dengan air hangat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Menghilangkan Komedo secara Alami"

Posting Komentar