5 Cara Mengobati Kutu Air secara Alami

Cara Mengobati Kutu Air. Kulit kaki merupakan salah satu yang sering terkena penyakit kulit, terutama kutu air. Hal tersebut terjadi disebabkan oleh kulit kaki yang sering berada pada daerah lembap. Jangan dianggap remeh, kutu air akan menjadi sangat gatal jika dibiarkan terus-menerus berdiam di kaki anda.


Kutu air adalah infeksi menular dan dapat menyebabkan ruam, gatal-gatal, kulit pecah-pecah, mengelupas, atau nyeri pada kaki. Mengetahui penyebab dan cara mengobatinya akan sangat membantu mengatasi kutu air hingga tuntas.

Kutu air merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur, maka dari itu disebut juga “tinea pedis” atau kaki atlet. Kuman jamur yang menjadi penyebabnya, secara alami memang lazim hidup di kulit kita dan biasanya tidak menyebabkan masalah. Akan tetapi terkadang, jamur ini tumbuh berlebihan dan akhirnya menyerang kulit dan menyebabkan infeksi.

Beberapa faktor yang menyebabkan jamur berkembang biak berlebih dan akhirnya menginfeksi kulit, yaitu karena jamur ini suka dengan lingkungan kulit yang lembap, hangat, dan pengap, maka dari itu penyakit ini sering kita jumpai pada sela-sela jari kaki. Infeksi jamur yang menyebabkan kutu air dapat menyerang siapa saja yang sering berjalan tanpa alas kaki di lantai yang basah atau lembap misalnya kamar mandi, ruang ganti, atau kolam renang.

Gejala Kutu Air

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab kutu air, mari kita berkenalan terlebih dahulu seperti apa tanda-tanda dan gejala bahwa seseorang terkena kutu air.

Tanda dan gejala kutu air adalah sebagai berikut:
  • Kulit kaki atau telapak kaki retak, pengelupasan sering terdapat pada sela-sela jari kaki atau lipatan jari kaki.
  • Kulit tampak kemerahan dan terasa gatal.
  • Jika sudah demikian biasanya akan terasa perih, nyeri, terutama ketika kena air.
  • Lepuh pada kaki bisa berkerak atau menjadi borok.
  • Kuku menjadi tebal dan mungkin berubah warna

Kutu air juga dapat menyebar ke telapak kaki, pangkal paha, ketiak, atau tangan terutama jika anda menggaruk daerah yang terinfeksi dan kemudian menyentuh bagian tubuh lain.

Penyebab Kutu Air

Jamur penyebab kutu air adalah jenis yang sama dengan jamur yang menyebabkan penyakit kurap. Seseorang akan lebih mungkin terserang kutu air jika memakai kaus kaki yang basah atau bekerja dalam kondisi basah dan lembap. Risiko akan meningkat jika berkeringat banyak, memakai sepatu plastik berlapis, atau mengalami cedera kuku atau kulit.

Jika seseorang yang sudah memiliki kutu air berjalan di lantai tanpa alas kaki, maka orang lain juga dapat terinfeksi dengan berjalan tanpa alas kaki di lantai yang terkontaminasi. Demikian pula apabila menggunakan kaus kaki, sepatu, handuk, atau sprei yang ia gunakan.

Cara Mengobati Kutu Air

1. Minyak Kelapa


Minyak kelapa sangat efektif untuk membersihkan jamur. Minyak kelapa memiliki kemampuan menghambat pertumbuhan jamur sehingga ideal digunakan untuk menyembuhkan kutu air. Asam laurat merupakan komponen penting minyak kelapa yang memiliki sifat anti jamur dan anti inflamasi. Oleskan minyak kelapa ke daerah yang terkena kutu air, dan biarkan bahan aktifnya melawan kutu air.

2. Cuka Apel


Jamur pada kaki akan menyebabkan pH kulit menyimpang dari batas normal. Oleh karena itu, mengembalikan nilai pH pada kulit merupakan salah satu cara membebaskan kulit dari serangan jamur kutu air.

Cuka apel merupakan salah satu bahan alami yang dikenal mampu membantu mengatur pH kulit. Buat larutan cuka apel dan air dengan perbandingan satu banding satu. Rendam kaki yang terkena kutu air dalam larutan tersebut selama minimal 20 menit setiap hari.

3. Garam


Mengobati kutu air dengan garam cukup mudah. Campurlah air hangat dengan garam. Kemudian rendamlah kaki anda yang terkena kutu air selama kurang lebih 15-20 menit.

Campuran air hangat dan garam dapat membunuh kuman dan bakteri sehingga dapat mengobati kutu air. Lakukan cara ini selama tiga hari berturut-turut. Sedangkan untuk terapi, lakukan cara ini sekali seminggu. Selain dapat membunuh kuman, juga dapat membuat rileks otot-otot kaki dan menghilangkan pegal pada kaki.

4. Teh


Bahan yang paling mudah didapatkan adalah teh. Panaskan sekitar 1,5 liter air sampai mendidih. Masukkan 6 kantung teh celup ke dalam air panas. Biarkan air menjadi dingin, kemudian rendam kaki yang terinfeksi selama setengah jam setiap hari. Teh mengandung asam tannic yang tidak hanya menghancurkan jamur tetapi juga membantu mengurangi rasa gatal akibat kutu air.

5. Daun Sirih


Ramuan daun sirih juga sangat bermanfaat. Siapkan 10 lembar daun sirih. Lumat menggunakan tangan atau iris pakai pisau. Rebus ke dalam air mendidih kemudian tambahkan sesendok garam. Tunggu sampai aroma sirih tercium yang menandakan zat pada daun sirih mulai keluar. Angkat dan masukkan air rebusan ke dalam ember besar.

Tunggu sampai ramuan itu mendingin. Lalu rendamlah kaki anda dalam air daun sirih tersebut. Rendam selama 10-15 menit. Lakukan cara ini selama 3 hari berturut-turut atau sampai dirasa kutu air sembuh. Sebaiknya dilakukan sebelum tidur karena selain dapat mengobati kutu air, rendaman ramuan ini juga bisa menghilangkan pegal sehingga tidur anda akan jadi lebih nyenyak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mengobati Kutu Air secara Alami"

Posting Komentar