Jarak Aman Menonton Televisi

Jarak Aman Menonton Televisi. Menonton televisi kini telah menjadi aktivitas yang kerap kali dilakukan oleh banyak orang. Tidak hanya sebagai sarana untuk mencari hiburan, menonton televisi juga dapat menambah pengetahuan maupun wawasan bagi yang menontonnya, asalkan memilih jenis acara yang tepat. Namun, sejak masih kecil, anda pasti sering diberikan nasihat dari orangtua anda agar tidak telalu dekat ketika anda sedang menonton televisi. Alasannya karena cahaya ataupun radiasi yang berasal dari monitor TV mampu merusak mata anda. Atau mungkin, justru anda kini yang tengah was-was terhadap kesehatan mata anak-anak anda dan terus menyampaikan pesan ini ketika mereka sedang menonton televisi.


Anggapan yang menyatakan bahaya dari menonton TV terlalu dekat terhadap kesehatan mata ini berawal pada tahun 1960-an. Ketika itu, ada sebuah perusahaan yang berhasil memproduksi produk satu set televisi yang memiliki pancaran radiasi 100.000 kali lebih banyak dibanding yang disarankan oleh para ahli kesehatan mata. Oleh karena itulah, perusahaan tersebut menarik kembali barang produksinya dan segera memperbaiki pancaran radiasi yang dihasilkan oleh televisi tersebut.

Nyatanya, kini anggapan bahwa televisi mampu merusak mata itu kurang cukup didukung dengan bukti yang meyakinkan sebab saat ini berbagai televisi modern sudah dilengkapi dengan berbagai pelindung yang mampu mencegah radiasi.

Masalah kesehatan yang biasa dialami orang yang menonton televisi biasanya hanya kram dan kelelahan yang keduanya bisa disembuhkan dengan cara mengistirahatkan kedua mata anda.

Namun demikian, agar anda dan keluarga, terlebih anak-anak anda lebih merasa aman ketika sedang menikmati acara favorit anda di televisi, lebih baik anda mengikuti panduan-panduan menonton TV yang baik berikut ini. Salah satu hal yang paling penting untuk anda lakukan adalah dengan mengatur jarak layar monitor televisi di ruangan dengan mata anda. Jarak antara keduanya haruslah mengikuti perhitungan standar yang sudah berlaku secara internasional. Pada dasarnya, jarak dari televisi ke mata anda haruslah 5 kali diagonal layar. Diagonal layar itu sendiri adalah jarak ujung layar kiri atas ke ujung layar kanan bawah.

Tentunya menjaga lebih baik dibandingkan mengobati, bukan? Terutama bagi anak-anak anda. Kesehatan mata mereka merupakan aset yang sangat berharga hingga mereka dewasa kelak. Selain saat menonton TV, sebaiknya hal yang sama juga anda terapkan kepada anggota keluarga anda ketika sedang bermain komputer, laptop, maupun sedang bermain games. Pastikan anda dan keluarga mengikuti panduan jarak aman yang sudah ditetapkan oleh dunia internasional.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah rumus perhitungan jarak seharusnya dari layar televisi ke mata anda.

Untuk televisi yang berukuran 14 inchi, sebaiknya jarak antara layar televisi ke mata anda adalah 1,78 meter. Jika televisi yang anda miliki berukuran 17 inchi, sebaiknya jarak antar keduanya adalah 2,16 meter. Untuk televisi 20 inchi, jarak yang disarankan adalah 2,54 meter. Berbeda halnya jika anda membeli televisi 21 inchi, jarak antara televisi dan mata anda haruslah sepanjang 2,67 meter. Jika televisi yang anda miliki berukuran 29 inchi, maka jarak aman yang disarankan adalah 3,67 meter. Untuk televisi berukuran 32 inchi, jaraknya adalah 4,07 meter. Dan terakhir, untuk televisi berukuran 50 inchi, jarak aman yang disarankan adalah 6,35 meter.

Setelah anda mengetahui jarak aman yang seharusnya, ada baiknya anda menerapkan hal tersebut di rumah anda. Jadi ketika anda membeli TV dengan ukuran inchi yang cukup besar, pastikan bahwa ruang untuk menonton cukup luas agar jarak aman antara televisi dan mata anda tetap bisa diterapkan. Sehingga anda dan keluarga tetap bisa menikmati waktu untuk menonton tayangan favorit di televisi dan tetap menjaga kesehatan mata.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jarak Aman Menonton Televisi"

Posting Komentar