Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menonton TV di Rumah

Televisi merupakan salah satu perabotan yang dianggap penting untuk sebuah hunian. Fungsinya tentu untuk memberikan hiburan dan melengkapi momen bersantai di rumah. Peletakannya bisa di ruang keluarga atau bahkan di kamar tidur.


Terkait peletakan tersebut, sudahkah TV di rumah anda memenuhi aturan ideal? Di mana posisinya sesuai dengan jarak aman untuk menontonnya.

Hal ini tampaknya sepele, tapi dalam desain suatu ruang, tata letak dan jarak itu penting diperhatikan. Alasannya adalah untuk kenyamanan, keamanan, hingga kesehatan. Misalnya, jika peletakan TV tak sesuai standar ideal, maka bisa mengganggu kesehatan mata bagi penghuni rumah.

Lalu bagaimana aturan idealnya menonton TV di rumah? Menurut CAO (Canadian Association of Opstometrists) sebaiknya menonton TV dari jarak 5x lebar layar (diagonal) televisi. Saran tersebut senada dengan para ahli kesehatan tentang jarak aman menonton. Ukuran lebar tersebut diukur dari titik ujung layar kiri atas hingga ujung layar kiri bawah.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan terkait aturan menonton televisi. Berikut ini adalah pembahasan selengkapnya.

1. Pencahayaan


Kenyamanan dan keamanan menonton televisi juga dipengaruhi oleh faktor pencahayaan. Jika cahaya lingkungan sekitar tepat, tidak terlalu cerah atau terlalu redup, maka cenderung meminimalisir risiko sakit mata saat menonton. Jika mata terasa perih, berkediplah agar mata lebih lembap. Jika anda jarang berkedip, maka bisa membuat mata kering dan mudah iritasi.

2. Beralih Fokus


Jangan lupa mengistirahatkan mata sejenak saat menonton TV. Ketika mata terasa lelah, alihkan fokus ke lingkungan sekitar di luar layar TV.

Beralih fokus ini pun memiliki aturan. Aturan tersebut juga bisa diterapkan pada orang yang sering melihat layar komputer, laptop, dan gadget lainnya.

Aturannya yaitu 20-20-20, yang berarti selama 20 menit melihat ke layar, alihkan pandangan untuk istirahat selama 20 detik. Selama itu, fokuskan pandangan anda pada sesuatu yang berjarak setidaknya 20 meter jauhnya.

3. Batas Waktu Menonton


Batas waktu diperlukan untuk mencegah kita melakukan segala hal secara berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan dampaknya buruk bagi diri sendiri. Jadi, alangkah baiknya anda mengurangi intensitas menonton TV di rumah. Selain untuk menjaga kesehatan mata, hal tersebut juga lebih hemat listrik.

Guna mengisi waktu senggang, anda bisa mencoba melakukan hobi atau kegiatan lain yang memacu kreativitas dan menghasilkan karya. Misalnya memasak, membaca, atau sekadar bercengkrama dengan keluarga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menonton TV di Rumah"

Posting Komentar