5 Cara Menghilangkan Bau Kaki secara Alami

Cara Menghilangkan Bau Kaki. Mungkin terkesan sepele dan bukan hal yang penting. Namun jika kaki anda berbau tentu saja akan menimbulkan berbagai masalah. Terlebih jika anda harus membuka sepatu di tengah aktivitas bersama teman-teman maupun orang banyak. Bau kaki yang tak sedap bukan saja akan menyebabkan kita merasa minder dan salah tingkah namun juga dapat menghambat pergaulan.


Penyebab bau kaki sendiri cukup bervariasi. Menurut penelitian, bakteri yang bercampur dengan keringat akan mengakibatkan munculnya bau menyengat. Bau menyengat ini akan menjadi semakin parah ketika kaki dalam keadaan lembap dan tertutup. Selain itu, munculnya bau kaki juga dapat disebabkan karena kaki terkena kutu air.

Biasanya bau kaki banyak menyerang orang yang sehari-hari mengenakan kaos kaki dan sepatu. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu selalu mencuci kaos kaki dan sepatu agar tidak menimbulkan perkembangbiakan bakteri. Namun apabila sudah terlanjur, berikut ada beberapa cara menghilangkan bau kaki secara alami yang bisa kamu coba sendiri di rumah.

1. Baking Soda


Sehabis mengenakan kaos kaki dan sepatu, jika ada waktu luang untuk melakukan perawatan kaki, cobalah untuk merendam kaki sejenak dalam air yang telah dicampur baking soda. Fungsi dari baking soda bukan untuk mengurangi kadar keringat yang keluar, tetapi meminimalisir jumlah bakteri yang menyebabkan bau yang dihasilkan pada kaki. Atau jika waktu anda kurang, cuci kaki menggunakan air dan baking soda juga cukup efektif mengurangi bau yang keluar. Intinya, baking soda dapat dimanfaatkan untuk meminimalisir bakteri penyebab bau kaki yang tidak disukai oleh indra penciuman kita.

2. Obat Kumur


Fungsi dari obat kumur adalah menyegarkan mulut dan menghilangkan bau pada mulut akibat bakteri yang menempel pada gusi ataupun gigi. Ternyata penggunaan obat kumur juga bisa diterapkan untuk menjaga kaki agar tidak terlalu bau.

Caranya adalah merendam kaki dalam air yang sudah dicampur dengan obat kumur sekali dalam sehari. Ketika kaki terendam, kandungan pada obat kumur akan bekerja untuk mengusir bakteri yang menyebabkan bau, sama halnya saat menyegarkan mulut. Apabila menurut anda tips yang ini sedikit janggal, cobalah untuk menggosok kaki menggunakan kapas yang sudah direndam obat kumur.

3. Air Lemon


Cara menghilangkan bau kaki secara alami adalah dengan menggunakan air perasan lemon. Yang harus anda lakukan adalah menyiapkan baskom berisikan air yang cukup, kemudian peras jeruk lemon ke dalam baskom. Aduk sebentar, lalu rendam kaki selama 15-20 menit. Lakukan tips perawatan kaki ini dua kali sehari secara rutin.

4. Kopi


Tahukah anda manfaat dari kopi? Ya, kopi hitam mengandung senyawa yang dapat mencegah perkembangbiakan bakteri pada kulit. Bahkan dengan penggunaan rutin, kopi hitam bermanfaat untuk menjaga kulit tetap kering. Caranya yaitu sediakan bubuk kopi hitam secukupnya saja, taburi kaki anda dengan bubuk kopi hitam tersebut secara merata, diamkan sekitar 15-20 menit, lalu bilas kaki anda dengan air bersih, terakhir keringkan kaki anda menggunakan handuk.

5. Teh


Apabila di rumah tidak ada kopi, anda masih bisa menggunakan air seduhan teh. Air teh memiliki senyawa antioksidan tinggi yang dapat membantu mencegah perkembangan bakteri pada kaki. Selain itu, rendaman teh juga terbukti berkhasiat untuk meningkatkan kekencangan kulit kaki. Caranya yaitu siapkan baskom berisi air seduhan teh, dan anda bisa langsung merendam kaki anda dalam baskom tersebut selama 30 menit, terakhir keringkan kaki menggunakan handuk.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Menghilangkan Bau Kaki secara Alami"

Posting Komentar