10 Cara Tepat Memotivasi Anak Agar Mau Belajar

Cara Tepat Memotivasi Anak Agar Mau Belajar. Orangtua manapun pasti menginginkan agar anaknya pintar dan cerdas. Namun kecerdasan seorang anak harus terus diasah dan dibina oleh orangtua. Anak yang cerdas secara genetik pun akan sia-sia jika orangtua tidak mendidik dengan cara yang baik dan penuh cinta.


Berikut ini ada beberapa tips yang dikumpulkan dari beberapa pakar pendidikan. Inilah 10 cara tepat memotivasi anak agar mau belajar.

1. Maafkan dan beri anak dukungan

Berikan dukungan pada anak anda. Motivasi memang sangat dibutuhkan oleh anak. Dukungan dapat diberikan dalam berbagai bentuk. Misalnya, anda sebagai orangtua harus memaafkan dan jangan langsung memarahinya apalagi dengan menyebutnya anak bodoh. Ini akan tertanam dalam benak anak dan menghancurkan semangatnya. Sebaliknya, anda harus meluangkan waktu untuk berdiskusi dengannya secara lembut dan penuh kasih sayang. Tanyakan padanya dengan baik, kenapa dia bisa mendapatkan nilai yang jelek dan kemudian berikan solusi untuknya.

2. Tanya tentang sekolahnya

Ketika anak pulang sekolah, cobalah bertanya padanya, "halo sayang, apa yang bikin menyenangkan di sekolah hari ini?". Dengan pertanyaan semacam ini otomatis otak anak akan berpikir dan mencari hal-hal yang dia alami dan menyenangkan di sekolah tadi. Ini secara tidak langsung akan memberitahukan pada anak anda bahwa sekolah adalah tempat yang sangat menyenangkan dan dia mau belajar lebih semangat lagi.

3. Lakukan Hypnosleep

Ketika anak sedang tidur lakukanlah Hypnosleep, katakan di telinganya, "Semakin hari, belajar semakin menyenangkan, sama dengan bermain, belajar juga sungguh sangat menyenangkan, sangat mudah sekali bagi kamu untuk belajar berhitung, menghafal, dan lain-lain". Ini akan tertanam di alam bawah sadar dan memberi sugesti agar anak mau dan semangat dalam belajar.

4. Jelaskan manfaat belajar pada anak

Jelaskan pada anak anda tentang manfaat dari pelajaran di sekolah yang sedang dipelajari. terutama yang sesuai dengan minat anak tersebut. Misalnya dengan belajar perkalian, maka saat liburan naik kelas nanti, kamu bisa dengan mudah menghitung berapa harga-harga barang yang akan kamu beli nanti di tempat liburan dan kamu bisa membandingkannya dengan harga di tempat lain. Jika kamu pintar berbicara dalam bahasa Inggris maka nanti kamu akan mudah berkomunikasi dengan wisatawan asing di tempat liburan.

5. Beri anak pujian motivasi melalui orang lain

Mintalah pada guru les pelajarannya agar sering-sering mengatakan pada anak anda bahwa si anak adalah anak yang cerdas dan hebat. Pujian yang tulus dan memotivasi semangat anak jauh lebih penting untuk anak daripada mengajarkan anak berbagai teknik berhitung atau teknik menghafal cepat. Mintalah bantuan pada orang-orang sekitar termasuk gurunya untuk meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri anak anda.

6. Membacakan cerita untuk anak

Jika anak anda masih sangat kecil dan masih senang dibacakan cerita atau dongeng. bacakan dia dongeng dengan posisi sedang memangkunya. Maksudnya dengan posisi yang cukup nyaman, serta memudahkan anda untuk memberikan kecupan kasih sayang atau pelukan penuh cinta. Tujuannya untuk mengkaitkan antara membaca buku dengan rasa cinta orangtua dan mengajarkan anak bahwa buku adalah hal yang sangat mengasyikkan dan menyenangkan.

7. Disiplin jam belajar

Anda harus membuat sebuah kesepakatan dengan anak tentang jam belajar. Misalnya, anak harus belajar satu jam atau dua jam dalam sehari di rumah. Namun, jadwalnya mesti disesuaikan dengan jam sekolah anak anda. Beri anak anda waktu untuk makan dan juga istirahat sebelum mulai belajar di rumah. Misalnya pada sore atau malam hari. Saat waktu belajar tiba, orangtua harus konsisten dan anak tidak boleh menonton TV atau bermain games.

8. Jadilah contoh yang baik

Jalan lain yang menjadi cara tepat memotivasi anak agar mau belajar, yaitu bahwa anda juga harus memberikan contoh dan teladan yang baik pada anak. Misalnya saat anak anda sedang belajar, sebaiknya anda jangan malah menonton TV ataupun cuma tiduran. Usahakan agar anda juga melakukan aktivitas lain, seperti membaca buku atau novel, ataupun aktivitas lainnya. Jika perlu, anda terus berada di samping anak saat dia sedang belajar.

9. Jeda dalam belajar

Beri anak waktu jeda misalnya setiap 20 menit pada saat belajar. Ini akan sangat efektif daripada anak belajar terus menerus selama 1 jam tanpa istirahat sama sekali. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa seorang anak hanya mampu berkonsentrasi penuh paling lama sekitar 20 menit. Lebih dari 20 menit itu daya konsentrasi anak akan mulai menurun. Memberi jeda waktu untuk beristirahat 2 menit saat belajar akan mampu mengembalikan daya konsentrasi anak agar dapat kembali seperti semula.

10. Berikan hadiah dan pujian atas keberhasilannya

Jika anak berhasil mendapatkan nilai yang bagus dan prestasi yang memuaskan, jangan segan-segan atau pelit untuk memberikan pujian. Sekecil apapun keberhasilan yang diraih oleh anak, layak bagi anda untuk memberikan pujian. Selain itu, merayakan keberhasilan atau prestasinya seperti dengan membuatkan menu makan malam favoritnya juga bisa membuat anak jadi lebih semangat lagi untuk belajar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Cara Tepat Memotivasi Anak Agar Mau Belajar"

Posting Komentar