20 Cara Cepat Mengatasi Insomnia

Cara Cepat Mengatasi Insomnia. Banyak orang mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia yang mengalami susah tidur malam atau yang lebih dikenal dengan istilah insomnia, dari insomnia kronis hingga insomnia yang akut. Jika seseorang mengalami insomnia maka untuk tidur nyenyak di malam hari merupakan hal yang cukup sulit dilakukan.


Seperti yang telah diketahui bahwa tidur merupakan rutinitas wajib yang harus dilakukan setiap harinya agar tubuh bisa beristirahat setelah melakukan berbagai macam aktivitas. Dengan tidur, maka esok harinya tubuh bisa kembali lebih segar dan bisa melakukan berbagai rutinitas kembali seperti biasa.

Namun, bagi anda yang cukup sulit untuk tidur nyenyak atau mengalami insomnia sebaiknya mulai menghindari ketergantungan dengan obat tidur karena dalam jangka panjang penggunaan obat-obatan tentu tidak akan baik untuk tubuh anda. Lebih baik anda menggunakan cara-cara alami untuk mengatasi insomnia yang anda alami.

Di bawah ini saya akan memberikan beberapa tips dan cara ampuh agar anda bisa tidur nyenyak di malam hari dan tidak mengalami insomnia. Sehingga anda bisa cepat mengantuk dan tidur lelap. Simak uraiannya di bawah ini.

1. Aktif


Menjadi aktif sepanjang hari merupakan salah satu cara agar tubuh bisa lebih mudah mengantuk ketika malam hari. Jadi, sebaiknya anda menghindari diri dari kebiasaan bermalas-malasan sepanjang hari, ketika sepanjang hari anda bermalas-malasan biasanya pada malam hari tubuh akan lebih bugar dan anda akan malas untuk tidur.

2. Biarlah Tubuh Terkena Sinar Matahari Pagi


Waktu pagi merupakan waktu yang sangat tepat untuk bangun dari tidur dan mendapatkan sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi dipercaya bisa mengatur jam tubuh, dan mengontrol munculnya hormon tidur di antaranya melatonin yang bermanfaat mengantarkan tubuh untuk tidur pada malam hari.

Maka dari itu, bangunlah pagi secara rutin setiap harinya, sebisa mungkin harus dibiasakan tanpa peduli hari libur atau bukan. Dan mulailah pergi keluar, baik untuk jalan-jalan atau berolahraga pagi, agar tubuh bisa mendapatkan sinar matahari pagi.

3. AC


Agar bisa tertidur lelap beberapa orang menggunakan AC atau kipas angin lalu menggunakan selimut yang tebal dan tidur. Mungkin anda juga bisa menerapkan cara ini bila anda mengalami insomnia agar anda bisa lebih cepat mengantuk. Jangan lupa untuk mengenakan selimut yang tebal.

4. Rileks


Jika anda ingin cepat tidur dan beristirahat sebaiknya rileks-kan dulu otak anda sebelum anda naik ke tempat tidur. Cara merilekskan diri bisa dilakukan dengan beberapa cara misalnya meditasi sehingga otak dan tubuh anda menjadi lebih rileks. Selain itu, cara lainnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan mandi air hangat yang bertujuan untuk melemaskan otot-otot tubuh anda sehingga anda akan lebih cepat merasa mengantuk.

5. Makanan


Sebelum anda tidur sebaiknya anda menghindari beberapa makanan yang dapat mengganggu waktu tidur anda. Sebisa mungkin untuk memperhatikan makanan yang akan anda konsumsi pada sore hingga malam hari. Minuman seperti kopi dan minuman lainnya yang mengandung kafein harus dihindari karena apabila dikonsumsi maka anda akan lebih sulit untuk tidur. Maka dari itu jangan membiasakan diri untuk mengonsumsi kafein sebelum anda tidur.

6. Mematikan Lampu


Ketika anda hendak tidur sebisa mungkin untuk membiasakan diri mematikan lampu kamar anda ketika mengalami insomnia. Cobalah untuk tidur dalam keadaan gelap atau anda juga bisa menggunakan lampu remang-remang agar anda bisa lebih cepat mengantuk.

7. Jaga Kebersihan Seprei


Menurut survei yang telah dilakukan oleh National Sleep Foundation, setidaknya 75% orang mengaku bahwa mereka bisa mendapatkan tidur yang lebih baik dan berkualitas ketika seprei mereka dalam keadaan yang bersih. Maka dari itu, dianjurkan untuk mengganti dan mencuci seprei setiap minggu sekali hingga bersih.

8. Usahakan Tidak Stres


Untuk mengatasi insomnia anda, sebisa mungkin untuk tidak memikirkan berbagai masalah pekerjaan atau berbagai persoalan lainnya. Hindari pikiran yang menyebabkan anda semakin stres kemudian rileks-kan tubuh dan otak lalu mulai pejamkan mata anda.

9. Teh


Beberapa minuman seperti halnya teh dipercaya bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Anda bisa mencobanya sehingga anda bisa lebih cepat mengantuk dan dapat tidur dengan lelap.

10. Mendengarkan Musik


Cara mengatasi insomnia juga bisa dengan mendengarkan musik. Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa irama musik yang menenangkan akan membuat seseorang menjadi lebih mudah untuk tertidur. Dengan mendengarkan musik maka tubuh akan menjadi semakin rieks sehingga proses tidur akan bisa lebih dipercepat.

11. Membaca Buku


Agar tubuh bisa tidur dengan baik maka hindari semua jenis gadget sebelum tidur, seperi ponsel, komputer, tab, ataupun televisi. Ini dikarenakan cahaya yang dilkeluarkan oleh gadget akan membuat gangguan dan menekan hormon tidur. Selain dari pada itu, hal ini bisa mengganggu ketika tidur lelap. Alihkan perhatian anda dengan membaca buku, karena dengan membaca buku biasanya orang akan cepat tertidur dan merasakan segar kembali ketika bangun pada esok harinya.

12. Olahraga 4 Jam Sebelum Tidur


Jangan melakukan olahraga tepat pada saat sebelum mau tidur karena bisa membuat anda sulit untuk tidur. Jika Anda ingin berolahraga sebaiknya dilakukan 3-4 jam sebelum waktu menjelang anda tidur. Selain itu lakukan olahraga yang ringan saja seperti berlari, bersepeda, atau berjalan cepat.

13. Lakukan Yoga


Sebuah penelitian menunjukan bahwa latihan napas dan juga meditasi dari olahraga yoga mampu memberikan pengaruh pada kualitas tidur sehingga menjadikan kualitas tidur seseorang menjadi lebih baik. Namun, sebenarnya olahraga lain juga jika dilakukan dengan porsi yang tepat dapat membantu dalam meningkatkan kualitas tidur.

14. Mencoba Berhitung


Menurut studi terbaru yang dilakukan bahwa mmenghitung secara perlahan-lahan atau bisa juga dengan mengurutkan nama-nama tertentu dapat membuat seseorang menjadi lebih cepat tidur.

15. Matikan Alat Elektronik


Untuk mengatasi insomnia, anda sebaiknya mematikan gadget yang anda gunakan, lampu dan perangkat elektronik lainnya yang dapat mengganggu tidur anda sehingga anda bisa menjadi lebih fokus untuk tidur dan lebih hemat listrik juga.

16. Pola Tidur


Cara mengatasi insomnia yang harus dijadikan kebiasaan yaitu dengan mengatur pola tidur. Kesehatan tidur bisa terjaga dengan dilakukannya pola tidur pada jam yang sama setiap harinya. Untuk membantu hal tersebut anda bisa menggunakan bantuan alarm sehingga anda akan selalu diingatkan ketika jam tidur dan mulai terbangun kembali pada saat bangun tidur seperti biasanya. Hindari tidur terlalu malam sehingga tubuh bisa lebih segar ketika anda bangun. Apabila anda sudah memiliki jadwal jam tidur setiap malamnya anda akan otomatis merasakan kantuk dan ingin tidur pada jadwal tidur tersebut.

17. Kurangi Kafein


Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang membuat tubuh jadi sulit untuk tidur, seperti kopi. Terutama pada malam hari. Hal ini dikarenakan kafein akan mengintervensi proses mengantuk dan kafein juga akan mencegah tubuh tidur dalam keadaan nyenyak. Bahkan efek kafein dapat bertahan hingga 24 jam, maka dari itu sebisa mungkin untuk mengurangi konsumsi kafein.

18. Susu Hangat


Orang zaman dulu percaya bahwa susu hangat bisa membuat kita mudah mengantuk, walaupun belum ada penelitian yang benar-benar membuktikannya, banyak orang sudah merasakannya. Susu mengandung kalsium yang merupakan salah satu mineral yang membantu tubuh memproduksi melatonin, yang membantu kita tidur secara teratur.

19. Pisang


Siapa yang tidak suka pisang? Buah yang katanya bisa meningkatkan gairah seksual ini ternyata mempunyai kegunaan lain. Menurut ahli gizi Shawn Talbott, pisang memiliki kandungan vitamin B6 dan potassium yang cukup tinggi, yang bisa menenangkan kaki yang tegang dan mencegahnya kram di malam hari.

Selain itu, pisang juga mengandung magnesium yang mampu merilekskan otot dan pembuluh darah, serta melancarkan pencernaan. Membuat smoothie pisang dengan susu dan es bisa jadi alternatif jika anda tidak suka memakannya.

20. Jangan Memaksakan untuk Tidur


Tidur itu alami dan mudah. Jika anda memaksakan untuk tidur, anda akan merasa cemas dan akhirnya tidak bisa tidur. Pergilah ke tempat tidur, berbaring dengan tenang dan anda akan mengantuk dengan sendirinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 Cara Cepat Mengatasi Insomnia"

Posting Komentar