10 Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan

Manfaat tidur siang ternyata dapat menyembuhkan dan menghindari berbagai penyakit berbahaya, tidur siang tidak selamanya berbahaya bagi manusia. Kebanyakan orang-orang mengabaikan pentingnya tidur siang walaupun hanya sekadar 1 jam saja. Padahal tidur siang merupakan relaksasi tubuh dari segudang aktivitas yang dikerjakan dan untuk menenangkan saraf-saraf yang tegang akibat aktivitas yang dijalani.


Sebagian besar orang memang cenderung selalu berpikir untuk menyelesaikan pekerjaannya secepat mungkin, namun tahukah anda jika tidur siang pun baik untuk kesehatan?

Mungkin tak banyak orang yang mengetahui bahwa tidur siang yang kita lakukan banyak sekali bermanfaat bagi kesehatan. Untuk itulah, perlunya mengupas tentang berbagai manfaat tidur siang tersebut. Sehingga pembaca lebih memiliki informasi yang mungkin sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah 10 manfaat tidur siang bagi kesehatan.

1. Meningkatkan daya ingat otak

Manfaat tidur siang ternyata mampu meningkatkan daya ingat pada otak, sangat baik khususnya bagi orang-orang tua (lansia). Karena semakin bertambahnya umur, mereka cenderung melupakan memori di masa lampau dan menurunnya daya ingat.

Bagi anak-anak, tidur siang dapat meningkatkan kerja otak dalam mengingat sesuatu. Anak-anak pun sama pentingnya karena mereka belajar dan mungkin menghafal setiap pelajaran yang mereka dapatkan di sekolah. Konon katanya manfaat tidur adalah duplikasi dari manfaat air putih untuk kesehatan tubuh kita.

2. Meningkatkan kewaspadaan

Ada saatnya ketika kelopak mata sulit terbuka, terutama setelah makan siang dan anda mengalami kantuk berat. Jika sudah begini, anda tentu tidak melakukan pekerjaan dengan baik dan cepat. Setidaknya luangkanlah waktu untuk tidur siang dan kemudian kembali melanjutkan aktivitas seperti semula.

Sebuah studi dari NASA menemukan bahwa 40 menit tidur siang akan meningkatkan kewaspadaan sampai dengan 100%. Penelitian lain menemukan bahwa 20 menit tidur siang lebih efektif daripada 200 mg kafein atau olahraga. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa pilot yang diizinkan untuk tidur siang selama 25 menit (digantikan co-pilot) melakukan kesalahan lebih sedikit selama take-off dan pendaratan.

3. Meningkatkan mood

Neurotransmitter serotonin mengatur suasana hati, tidur, dan selera kita, ia juga menghasilkan perasaan kepuasan dan kesejahteraan. Tapi ketika tubuh kita stres, serotonin yang digunakan juga lebih tinggi dan sementara produksinya berhenti. Akibatnya, kita bisa menjadi cemas, mudah marah, depresi, kewalahan, dan mudah terganggu. Menurut Mednick, "tidur siang menggenangi otak dengan serotonin, membalikkan efek tersebut dan menciptakan pandangan yang lebih positif".

4. Meningkatkan fungsi indra

Menurut ilmuwan napologist, Sara Mednick C., tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik sama efektifnya seperti tidur malam. Manfaat tidur siang juga meningkatkan kreativitas dengan memberikan berbagai ide baru dan membuka wawasan yang ada di otak anda.

5. Mengatasi insomnia

Tidur siang ternyata mampu mengobati insomnia (susah tidur di malam hari). Kebiasaan gejala susah tidur saat malam hari ini tidak baik bagi kesehatan. Tubuh pun perlu istirahat dan memejamkan mata hingga terlelap, jika hal sepele ini diabaikan maka bersiaplah anda akan terkena kelelahan, daya ingat menurun, sulit untuk berkonsentrasi, hingga pada penurunan kualitas kerja dan sampai meningkatkan risiko kecelakaan di jalan.

6. Mengurangi stress

Stress merupakan salah satu sumber penyakit berbahaya lainnya seperti gangguan saraf dan jantung. Banyaknya aktivitas yang dikerjakan, maka otak menjadi lebih tegang karena terlalu banyak berpikir secara terus menerus, bisa menjadi beban bagi otak dan membuat stress yang berlebihan. Betapa pun banyaknya aktivitas yang dijalani, sebaiknya dapat tidur siang beberapa menit saja. Hal ini dikarenakan tidur siang dapat mengoptimalkan seluruh organ tubuh untuk kembali menjalani aktivitas dengan lancar.

7. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Tidur siang pun ternyata juga mampu mencegah penyakit jantung dan stroke, bayangkan jika kita sedang memaksakan diri untuk tidak tidur, padahal mata sudah "5 watt" pasti yang terjadi adalah jantung akan berdetak lebih kencang. Selain itu yang lebih parah lagi jika anda memaksakan meminum kopi atau minuman energi yang mengandung kafein tentu akan berakibat buruk. Jika melakukan tidur siang singkat selama 20-40 menit setiap harinya akan dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

8. Meningkatkan kesehatan tubuh

Kurang tidur menyebabkan kelebihan hormon kortisol dalam tubuh. Kortisol, yang dikenal sebagai hormon stress, membantu kita dalam respon anggota tubuh. Kelebihan kortisol meningkatkan intoleransi glukosa dan lemak perut, melemahkan sistem otot dan kekebalan tubuh, mengurangi tingkat hormon pertumbuhan dan testosteron pada tubuh kita akan membantu mencegah hal ini. Efek dari kelebihan hormon ini akan merusak dan dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung.

9. Meningkatkan produktivitas

Orang yang sudah lelah, jika terus dipaksakan akan menghasilkan pekerjaan yang sangat tidak baik. Tidur siang adalah salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas.

10. Melancarkan metabolisme

Ketika seseorang tidur maka tubuh akan menghasilkan zat hormon yang dapat membuat kerja metabolisme tubuh menjadi cepat. Sehingga tidur siang yang cukup akan sangat baik dalam meningkatkan kerja metabolisme tubuh. Tetapi hindari juga tidur siang yang terlalu berlebih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan"

Posting Komentar