Jalan Kaki: Olahraga Ringan, Risiko Kecil, dan Kaya Manfaat

Jalan kaki adalah salah satu cara hebat untuk berolahraga, tapi sayang kurang diberi perhatian layak. Banyak dari kita yang mengabaikan aktivitas ini lantaran bergelimangnya alat transportasi pribadi yang kita miliki. Karena jalan kaki bukan merupakan aktivitas berat, muncul keyakinan bahwa jalan kaki tidak memiliki efek signifikan, baik terhadap kesehatan tubuh maupun dalam rangka menurunkan berat badan. Ini tidak benar. Jalan kaki justru memiliki efek sangat besar bagi upaya penurunan berat badan sekaligus terhadap kesehatan dan kebugaran tubuh.


Satu hal yang luar biasa dari olahraga jalan kaki adalah tidak memiliki risiko atau dampak buruk serta tidak menyebabkan ketegangan. Berikut ulasannya lebih jauh.

KELEBIHAN DARI OLAHRAGA JALAN KAKI

1. Tidak memiliki dampak buruk, berisiko sangat kecil

Sebagaimana yang telah disebutkan, jalan kaki atau berjalan tidak membawa dampak buruk dan ketegangan pada sendi maupun tulang. Meski olahraga lari merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskuler dan membakar kalori, namun memiliki risiko berupa pengaruh cukup keras pada sendi dan bisa menyebabkan kerusakan tulang rawan serta cedera lainnya, jika tidak dilakukan dengan cara yang benar dan dalam kondisi tubuh yang prima. Berjalan kaki adalah olahraga yang cukup "lembut", sehingga hampir tidak memiliki risiko semacam itu.

2. Tidak membutuhkan perlengkapan khusus

Olahraga berat membutuhkan berbagai peralatan berat seperti dumbbell serta mensyaratkan ketersediaan waktu, ruang, dan uang (menyewa tempat fitness dan membeli peralatan dan perlengkapan olahraga misalnya). Untuk melakukan olahraga lari, anda juga dituntut memiliki sepatu yang sesuai persyaratan demi kenyamanan serta demi menghindari berbagai risiko buruk. Tidak demikian dengan olahraga berjalan, anda dapat melakukannya tanpa alas kaki sekalipun (tentunya selama jalan yang anda lalui aman).

3. Melatih postur tubuh

Berjalan kaki adalah aktivitas yang kita lakukan hampir setiap saat. Kita melakukannya untuk menempuh berbagai medan sejak dulu saat belum ada kendaraan khusus yang memudahkan kita berpergian. Artinya, berjalan adalah aktivitas alamiah tubuh manusia yang tidak boleh ditinggalkan. Kita memiliki kemampuan itu, maka selayaknya aktivitas ini tetap dilakukan, meski mungkin porsinya lebih besar untuk kepentingan lain, yaitu untuk berolahraga. Dengan berjalan kaki secara rutin dan dalam jarak yang relatif jauh, kita melatih berbagai otot yang terlibat dalam aktivitas berjalan sehingga bentuk atau postur tubuh kita semakin terbentuk dengan baik. Semakin rutin berjalan, semakin baik cara berjalan sebab postur tubuh sudah terlatih sedemikian rupa untuk menyesuaikan dengan aktivitas tersebut. Dengan cara ini, kualitas kesehatan tubuh akan meningkat dan anda dapat menghindari berbagai masalah tulang dan lutut.

4. Bisa dilakukan di mana saja

Berjalan kaki adalah aktivitas yang bisa dilakukan di berbagai tempat, tanpa harus pergi ke gym atau menggunakan track khusus. Meskipun dalam kondisi berolahraga, anda tidak akan nampak seperti orang yang melakukan aktivitas olahraga, sehingga bisa melakukan jalan kaki di manapun tanpa merasa risih, canggung, bisa menikmati semua yang anda lihat, menyapa orang yang anda temui, serta melakukan aktivitas sampingan lainnya. Selain itu, karena bisa dilakukan dimanapun, maka anda bisa berjalan sejauh apapun dan kemanapun. Hal ini memastikan anda bisa meningkatkan jarak tempuh, menambah atau membuat tujuan lain, dan membuat variasi sebanyak mungkin. Dengan cara ini, anda bisa melakukan aktivitas olahraga yang menyenangkan, tidak menegangkan, dan bahkan bisa membakar kalori dan lemak jauh lebih banyak. Tidak kalah penting, berjalan kali juga bisa digabung dengan aktivitas rekreasi ke tempat tujuan khusus, yang tentu semakin menyenangkan dan tidak terasa sebagai rutinitas menjemukan.

5. Siapapun bisa melakukannya

Selain bisa dilakukan dimana saja dan tidak memerlukan peralatan khusus, berjalan kaki bisa dilakukan oleh siapapun juga. Karena tidak memiliki pengaruh atau efek samping buruk yang nyata terhadap fisik, maka aktivitas jalan kaki bisa dilakukan oleh siapa saja yang bisa berjalan, baik bagi mereka yang sehat bugar, memiliki masalah obesitas atau berat badan berlebih, memiliki masalah kesehatan kecil, orang tua, remaja, anak-anak, bahkan bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan tertentu. Berjalan kaki juga merupakan aktivitas awal yang cukup baik untuk membiasakan tubuh sebelum beralih ke aktivitas olahraga yang lebih berat.

6. Bisa dilakukan dengan aktivitas kecil lainnya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berjalan kaki bukanlah aktivitas yang berat, maka tidak membutuhkan fokus yang begitu tinggi, sehingga bisa diikuti dengan aktivitas kecil lainnya, misalnya sambil bertelepon saat berjalan menuju suatu tempat, menikmati suasana atau pemandangan, berbincang dengan teman atau keluarga yang berjalan bersama anda, dan banyak aktivitas kecil lain yang sangat mungkin dilakukan.

* * * * *

TIPS MENGOPTIMALKAN JALAN KAKI SEBAGAI AKTIVITAS BEROLAHRAGA

Jadi itulah beberapa keunggulan dan manfaat jalan kaki. Tentu semua orang tahu dan mampu berjalan kaki, namun tidak banyak yang tahu bagaimana melakukan aktivitas itu sebagai bentuk olahraga. Secara esensial, jalan kaki yang dilakukan dengan program yang tepat bisa membantu anda menurunkan berat badan dan meningkatkan kebugaran tubuh. Bagaimana? Ini kuncinya: makan dalam porsi yang sama, tapi berjalanlah lebih jauh. Dengan cara ini, anda akan membakar kalori dan lemak lebih banyak. Bahkan meskipun anda tidak bisa mengontrol porsi makan sekalipun, anda masih bisa merasakan manfaatnya terhadap kesehatan kardiovaskuler. Untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh, upayakan menempuh tempat-tempat yang relatif dekat dengan berjalan kaki, kurangi penggunaan kendaraan. Cara lainnya adalah dengan menambah kecepatan atau jarak langkah kaki. Sejak sekarang, setelah makan besar, berjalan kakilah barang sejenak menempuh jarak pendek. Mungkin dengan berjalan-jalan mengitari rumah, di lorong kampung, di sepanjang jalan di sekitar rumah, dan sejenisnya. Godaan terbesar setelah makan besar adalah mengantuk, meskipun mungkin hanya sekejap, namun mampu membuat anda bermalas-malasan di tempat duduk atau bahkan tertidur. Ini salah satu penyebab meningkatnya berat badan. Jadi perangi dengan berjalan kaki barang sebentar.

Sebagai bentuk intensif olahraga, maka buatlah jadwal, berapa jam anda melakukan olahraga jalan kali dalam seminggu. Tambahkan jarak tempuh setelah kebugaran anda meningkat seiring semakin terbiasanya tubuh anda melakukan aktivitas ini. Anda dapat mencari berbagai referensi dari buku atau internet mengenai aktivitas ini lengkap bersama contoh-contoh yang tepat. Di luar sana juga ada banyak klub pejalan kaki dimana anda bisa bergabung dan mendapatkan banyak informasi, pengetahuan, serta motivasi. Jadi, berjalanlah sekarang juga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jalan Kaki: Olahraga Ringan, Risiko Kecil, dan Kaya Manfaat"

Posting Komentar