10 Makanan Terbaik untuk Sarapan Pagi

Makanan Terbaik untuk Sarapan Pagi. Manfaat sarapan pagi merupakan bagian terpenting dalam menjalani aktivitas keseharian kita, jangan pernah menyepelekan sarapan karena kesibukan anda. Pentingnya sarapan pagi ini tidak bisa dipungkiri karena merupakan pangkal nutrisi tubuh manusia. Aktivitas yang dimulai saat pagi hari merupakan permulaan hari anda sehingga sangat perlu ditopang oleh adanya energi yang didapatkan dari sarapan pagi.


Berbekal sarapan pagi yang kita lakukan ini merupakan pasokan energi untuk memulai aktivitas. Aktivitas yang telah ditunjang oleh nutrisi sarapan pagi ini akan membuat kegiatan berjalan baik dengan penuh semangat.

Namun hal yang paling penting dalam pembahasan sarapan pagi adalah mengetahui makanan-makanan apa saja yang baik dan dianjurkan untuk dikonsumsi pada pagi hari. Berikut ini adalah daftar 10 makanan terbaik untuk sarapan pagi.

1. Telur


Telur dikenal kaya akan protein dan beberapa nutrisi penting lainnya. Telur juga membuat perut kenyang dan membantu anda makan lebih sedikit kalori. Studi menunjukkan, makan telur saat sarapan meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan kalori saat makan berikutnya, dan membantu menjaga kadar gula darah dan insulin tetap stabil.

2. Greek Yogurt


Greek yogurt memiliki tekstur creamy, yogurt jenis ini lezat dan bernutrisi. Yogurt ini mengandung protein tinggi, membantu mengurangi nafsu makan dan beberapa jenis tertentu juga mengandung probiotik.

3. Kopi


Minum secangkir kopi adalah cara yang menyenangkan untuk memulai hari. Kandungan kafein di dalamnya meningkatkan mood, performa mental, metabolisme tubuh, serta membantu pembakaran lemak.

Dalam sebuah studi ditunjukkan, konsumsi 100 mg kafein per hari membantu membakar 79-150 kalori selama lebih dari 24 jam. Cara paling sehat untuk mengonsumsi kopi adalah tanpa gula atau dengan sedikit campuran krim kental (heavy cream).

4. Oatmeal


Oatmeal kaya akan serat beta-glukan yang bermanfaat menurunkan kolesterol dan meningkatkan rasa kenyang serta mengandung antioksidan. Untuk meningkatkan kandungan protein saat sarapan oatmeal, sajikan dengan susu atau dengan tambahan telur atau sepotong keju.

5. Biji chia


Biji chia sangat kaya nutrisi, tinggi serat, mengandung antioksidan yang mengurangi inflamasi dan risiko penyakit jantung. Antioksidan dalam biji chia melindungi sel tubuh dari radikal bebas.

6. Buah berry


Buah berry memiliki banyak serat dan sedikit kalori. Buah ini juga kaya antioksidan yang disebut anthocyanin yang melindungi jantung dan membuat awet muda. Salah satu cara sehat mengonsumsi berry di pagi hari adalah menyajikannya dengan yogurt atau smoothies.

7. Kacang-kacangan


Kacang-kacangan mengenyangkan dan bernutrisi, mengurangi risiko jantung dan memperbaiki kadar gula darah. Semua jenis kacang-kacangan mengandung magnesium, potassium, dan lemak tak jenuh yang bersahabat bagi jantung.

8. Teh hijau


Teh hijau atau green tea mengandung kafein yang meningkatkan mood dan keterjagaan. Selain itu teh hijau juga mengandung antioksidan EGCG yang bermanfaat bagi otak dan sistem saraf.

9. Buah-buahan


Buah-buahan bisa menjadi menu sarapan yang lezat. Buah-buahan adalah sumber vitamin, potassium, dan serat yang baik. Sajikan buah-buahan dengan telur atau yogurt untuk mendapat sarapan seimbang yang akan membuat tubuh lebih berenergi.

10. Susu


Susu mengandung kalori yang cukup sehingga dengan meminum susu dapat memberikan energi pada tubuh. Minum susu pada pagi hari dapat menambah semangat dan meningkatkan kinerja aktivitas dalam bekerja. Selain itu, minum susu juga bermanfaat bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi. Dengan minum susu saat menstruasi tubuh yang lemas dan mudah lelah dapat kembali bugar dan bersemangat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Makanan Terbaik untuk Sarapan Pagi"

Posting Komentar