Pola Makan Sehat guna Menjaga Kesehatan Tubuh

Pola Makan Sehat guna Menjaga Kesehatan Tubuh. Kesehatan merupakan anugerah yang sangat berharga dan tidak bisa ditukar dengan apapun, dengan kesehatan yang kita miliki, kita akan memperoleh lebih banyak kesempatan untuk melakukan apapun yang kita minati. Maka dari itu, alangkah baiknya dari saat ini juga, kita mulai menerapkan pola hidup sehat dan juga tentunya pola makan sehat. Sebagian dari kita saat ini mungkin masih berpikir bahwa pola makan sehat hanyalah sebuah trend yang sedang dijalani oleh sebagian kalangan, namun sebenarnya pola makan sehat merupakan kebutuhan bagi diri kita sendiri untuk bisa hidup dengan lebih baik di masa yang akan datang karena tidak akan terganggu dengan penyakit yang akan menyerang kapan saja.


Pola makan sehat memang tidak menjamin kita untuk tidak pernah sakit, namun pola makan sehat akan meminimalkan kemungkinan kita untuk terserang penyakit, baik itu penyakit biasa hingga penyakit berbahaya seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, stroke, dan diabetes. Karena dilansir dari berbagai penelitian, lebih dari separuh penyakit yang menghinggapi tubuh manusia dikarenakan pola makan yang tidak sehat.

Jadi, bagaimana kita bisa memulai pola makan sehat? Berikut beberapa tips mudah agar kita bisa menerapkan pola makan sehat.

1. Sayur dan Buah


Sayur dan buah memang menjadi salah satu makanan yang paling sehat yang ada di dunia ini. Pada kedua kategori makanan tersebut hampir tidak ditemukan kandungan yang berbahaya bagi tubuh kita. Hal ini akan lebih baik lagi jika kita memilih sayuran dan buah-buahan yang segar, sehingga nutrisi yang ada di dalamnya masih benar-benar terjaga. Atau mengapa tidak mulai untuk menanam sayur atau buah sendiri saja? Hal ini juga akan menjadi kegiatan yang cukup menyenangkan. Mengonsumsi sayur dan buah setiap hari dengan varian yang berbeda akan membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kondisi tubuh.

2. Ikan dan Daging


Selain sayur dan buah, protein juga penting bagi tubuh kita. Mengonsumsi ikan laut maupun ikan air tawar serta daging segar membantu kita mendapatkan sumber protein yang penting bagi tubuh. Namun hindari terlalu banyak makan daging, makanlah secukupnya saja. Selain dari daging, protein juga bisa diperoleh dari tumbuhan yakni protein nabati, seperti kedelai yang diolah menjadi tempe dan tahu. Jadi kita bisa mengganti menu harian kita dengan banyak macam jenis protein.

3. Mengatur Jadwal Makan


Makan pada waktu yang teratur juga menjadi bagian penting dalam pola makan sehat. Misalnya anda akan sarapan pada jam 8 pagi, makan siang pada jam 1 siang, dan makan malam pada jam 7 malam. Tidak hanya baik untuk kesehatan anda, memiliki jadwal makan yang teratur juga secara tidak langsung akan membuat jadwal kegiatan yang lainnya menjadi lebih teratur karena mengikuti jam makan anda. Dengan begini hidup anda juga akan menjadi lebih baik. Selain itupun jangan langsung tidur setelah makan, agar organ pencernaan bekerja dengan baik. Hindari makan malam di atas jam 8 malam, agar tidak terjadi penimbunan lemak.

4. Mengonsumsi Karbohidrat


Karbohidrat memang menjadi salah satu sumber tenaga anda, namun bukan berarti anda harus memakannya secara berlebihan. Hal ini karena pada akhirnya karbohidrat akan diproses untuk menjadi glukosa. Dan tentu saja anda sudah mengetahui penyakit yang saat ini menjadi salah satu penyakit yang paling banyak menyerang manusia, yakni diabetes. Mulai saat ini, lebih bijaklah dalam memakan sumber karbohidrat. Anda bisa menggantikan nasi dengan sumber karbohidrat lainnya yang lebih aman seperti dari jagung dan kentang. Sumber karbohidrat dari makanan tersebut lebih baik dikonsumsi untuk para penderita diabetes.

5. Rajin Meminum Air Putih


Air putih sangat penting bagi tubuh kita, karena itu pola makan yang sehat memerlukan air putih secukupnya. Kenapa saya hanya katakan secukupnya, tidak 8 gelas sehari? Karena setiap orang melakukan aktivitas yang berbeda. Karena itu, anda yang bisa merasakan apakah anda memerlukan air putih yang banyak atau tidak. Anda bisa merasakan jika terkena dehidrasi maka saat itulah tubuh anda kekurangan cairan. Selain itu mengonsumsi air putih yang cukup bisa membantu memperlancar pencernaan dan menjaga kesegaran tubuh.

6. Menghindari Junk Food dan Makanan Berlemak


Salah satu makanan yang harus dihindari manusia dalam hal pola makan sehat ialah junk food, namun sayangnya makanan ini malah menjadi salah satu makanan yang paling populer di dunia. Selain junk food, makanan berlemak juga harus anda hindari. Lemak berlebih hanya akan menghasilkan tumpukan kolesterol jahat pada tubuh anda, yang kapan saja akan menjadi ancaman berbahaya bagi tubuh anda sendiri.

* * *

Nah itulah beberapa langkah yang bisa anda terapkan dalam melakukan pola makan sehat secara bertahap. Namun tetap diingat bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik meskipun hal tersebut baik. Dengan pola makan sehat ini anda bisa mengontrol kesehatan tubuh dengan baik dan mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya seperti kolesterol, diabetes, stroke, dan tekanan darah tinggi. Jika pola makan sehat ini untuk menurunkan berat badan lakukan dengan benar sesuai kekuatan tubuh anda dalam menekan jumlah kalori yang dibutuhkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pola Makan Sehat guna Menjaga Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar