5 Cara Mengobati Cantengan secara Alami

Cara Mengobati Cantengan. Kuku cantengan atau kuku bernanah, disebut juga dengan istilah paronikia (paronychia) adalah infeksi kulit akibat bakteri yang terjadi di antara lipatan kulit dan kuku pada jempol kaki. Cantengan bisa terjadi karena kuku tumbuh menusuk ke kulit dan setelahnya menyebabkan infeksi bakteri sehingga menimbulkan keluhan pada jari yang terinfeksi, biasanya jempol disertai rasa nyeri, bengkak, kemerahan, dan bernanah.


Beberapa cara mengobati cantengan baik pada kuku kaki ataupun kuku tangan tidak jauh berbeda, karena penyebabnya sama-sama infeksi bakteri. Berikut ini tindakan-tindakan pengobatan yang dianjurkan.

1. Air Hangat


Perendaman dengan air hangat ini tergolong cara mengobati cantengan secara alami dan mudah dilakukan. Cara ini merupakan langkah awal mengatasi cantengan ketika cantengan tersebut baru mulai dengan tanda-tanda terasa sakit di sekitar kuku, terlihat kemerahan dan bengkak, serta diraba agak keras.

Lakukan perendaman kuku cantengan dalam air hangat yang dicampur garam selama 15 menit, lakukan sebanyak dua kali sehari. Perendaman dengan air hangat dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit sehingga membantu penyembuhan.

2. Jahe


Jahe merupakan tanaman obat yang memiliki banyak khasiat, dan salah satunya dipercaya sebagai obat alami untuk penyakit cantengan. Siapkan jahe dan minyak kelapa. Kupas kulit jahe dan cuci bersih. Parut jahe yang sudah dicuci, setelah itu campur dengan minyak kelapa. Panggang kedua bahan ramuan selama beberapa menit (jangan sampai kering). Terakhir, tempelkan campuran bahan tersebut pada kuku jari yang cantengan, lalu balut dengan perban.

3. Salep Antibiotik


Salep antibiotik yang digunakan sebagai obat cantengan bersifat topikal alias penggunaannya cukup dioles di luar tubuh (tidak diminum), contohnya salep Gentamisin dan Klindamisin, yang dioleskan pada daerah yang terinfeksi dapat menyembuhkan cantengan ringan. Terkadang, cantengan yang lebih berat memerlukan obat antibiotik oral (yang diminum) jika perendaman dengan air hangat dan antibiotik topikal saja tidak cukup untuk mengobati infeksi pada cantengan yang bernanah.

4. Bawang Putih


Anda tentu punya bawang putih di rumah kan? Nah, bagi anda yang sedang cantengan, bawang putih bisa menjadi obat yang cukup ampuh untuk menghilangkan cantengan. Caranya, haluskan bawang putih dan campurkan dengan sedikit minyak kelapa, lalu oleskan ke daerah kuku yang cantengan. Balut dengan kain kasa atau perban. Lakukan pengobatan ini sebanyak dua kali sehari secara rutin sampai sembuh.

5. Daun Dewa


Obat tradisional lain untuk mengatasi cantengan adalah dengan menggunakan daun dewa. Siapkan beberapa lembar daun dewa yang masih segar, lalu tumbuk sampai halus. Balurkan ramuan daun dewa ini ke kuku yang terkena cantengan. Perban kuku anda menggunakan kasa. Anda bisa menggantinya dua kali dalam sehari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mengobati Cantengan secara Alami"

Posting Komentar