10 Manfaat Sayur Sawi untuk Kesehatan

Apakah anda suka makan sayur sawi? Sawi ternyata mempunyai banyak kandungan gizi yang belum banyak kita ketahui. Pada sawi hijau ataupun sawi putih, mempunyai gizi yang sangat tinggi.


Sawi merupakan sayuran yang sangat mudah sekali kita jumpai. Sawi ini biasanya dimasak dengan cara ditumis. Selain ditumis, kita juga sering melihat sawi ini tersaji dalam mie ayam. Selain rasanya yang lezat, manfaat sayur sawi yang sangat banyak ini tidak lepas dari kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Sawi mempunyai kandungan fitonutrien yang mampu mencegah berbagai penyakit.

Manfaat Sayur Sawi untuk Kesehatan

1. Mengatasi peradangan dan pembentukan plak di arteri

Manfaat sayur sawi yang pertama yaitu membantu mengatasi peradangan. Sawi mempunyai kandungan fitonutrien, querecetin yang membantu mengatasi proses peradangan. Selain itu dua zat ini juga membantu mencegah timbulnya plak di daerah arteri.

2. Membantu mengendalikan kolesterol pada tubuh

Manfaat sayur sawi berikutnya adalah membantu menjaga kadar kolesterol darah. Pada sawi hijau terkandung serat yang tinggi, serat ini membantu mengontrol kadar kolesterol jahat pada darah.

3. Sumber antioksidan

Sawi yang masih dalam keadaan segar merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Selain mengandung antioksidan, sawi ini juga mengandung mineral lain seperti Vitamin A, C, E, karoten, dan juga mineral lain seperti kalsium, zat besi, magnesium, seng, kalium, selenium, dan mangan.

4. Mencegah kanker

Sawi mempunyai kandungan klorofil yang tinggi pada daunnya yang berwarna hijau tua. Kandungan klorofil pada sawi ini mampu menghambat efek karsinogenik amina heterosiklik yang muncul saat proses memanggang atau membakar makanan.

5. Mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2

Kandungan antioksidan pada sawi bermanfaat sebagai alpha lipoic acid yang mana bermanfaat menurunkan kadar gula dalam darah. Kandungan ini juga meningkatkan sensitivitas insulin dan juga mencegah oksidatif stress.

6. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Kandungan vitamin A pada sawi sangat bagus untuk kulit. Vitamin A ini diperlukan untuk memproduksi sebum yang berfungsi untuk melembapkan rambut. Selain itu, vitamin A ini juga dibutuhkan untuk proses pertumbuhan jaringan tubuh termasuk kulit dan rambut. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sawi bermanfaat untuk membangun dan memelihara kolagen yang mana memberikan struktur pada kulit serta rambut.

7. Mempunyai kandungan vitmin C yang tinggi

Kandungan vitamin C pada sawi ternyata jauh lebih tinggi daripada jeruk. Vitamin C ini berguna untuk menjaga kesehatan kita, mengganti sel-sel tubuh yang rusak.

8. Membantu progam diet

Sawi mempunyai kandungan kalori yang cukup rendah namun sawi ini mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat yang tinggi pada sawi membantu melancarkan proses pencernaan kita. Hal inilah yang membuat sawi sangat cocok untuk dijadikan menu andalan diet.

9. Bermanfaat untuk ibu hamil

Sawi mempunyai kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat ini membantu proses pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Mengonsumsi sawi saat masa kehamilan sangat disarankan karena tingginya nutrisi yang terkandung pada sawi tersebut.

10. Menjaga kesehatan tulang

Sawi juga mengandung vitamin K yang tinggi. Vitamin K ini membantu menjaga kesehatan dan massa tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis dini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Manfaat Sayur Sawi untuk Kesehatan"

Posting Komentar