6 Cara Tidur yang Baik menurut Ilmu Kesehatan

Cara Tidur yang Baik menurut Ilmu Kesehatan. Tidur sehat sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia, dengan tidur yang berkualitas maka akan memberikan efek yang positif terhadap tubuh orang itu sendiri. Efek positif tersebut meliputi badan yang segar, terjauhkan dari stress, dan kesehatan organ vital juga terjaga. Di dalam bidang kesehatan, cara tidur sehat yang baik sangat dianjurkan sekali.


Tidur adalah momen beristirahatnya semua organ tubuh manusia terkecuali jantung. Menurut pakar kesehatan, tidur yang baik adalah minimal 8 jam dalam semalam. Kurang tidur memiliki banyak sekali penyebabnya seperti insomnia, jam kerja berlebih, dan gangguan psikis. Nah, pada kesempatan kali ini SenandungSehat.com akan memberikan informasi tentang cara tidur sehat yang baik menurut kesehatan.

1. Tidur Miring ke Kanan


Cara tidur sehat yang baik menurut kesehatan yang pertama adalah miring ke kanan. Posisi miring ke kanan sangat dianjurkan oleh dokter, terkecuali ibu hamil yang harus miring ke kiri. Posisi tidur ke kanan dianggap baik karena posisi ini akan memberikan keleluasaan bagi jantung dan aliran darah ketika tidur tidak terganggu.

2. Bangun Tepat Waktu


Cara tidur sehat yang kedua ialah selalu tidur dan bangun pada waktu yang tepat. Seperti yang sudah dibahas di atas, tidur orang dewasa rata-rata adalah 8 jam jika anda kurang atau lebih akan berdampak pada kesehatan, memang dampaknya tidak langsung terasa namun di kemudian hari dampak itu akan muncul.

3. Tempat Tidur yang Nyaman


Cara yang ketiga yaitu gunakan kasur dan bantal yang nyaman, mengapa demikian? Sebab kasur yang nyaman akan mempercepat proses tidur itu sendiri, berbeda dengan kasur yang tidak nyaman justru akan mengganggu tidur anda, alih-alih anda tidur justru bisa terkena insomnia.

4. Mematikan Lampu


Tidur sehat yang keempat adalah mematikan lampu. Berdasarkan survei yang dilakukan departemen kesehatan di Amerika, dari 1000 orang laki-laki dan perempuan mereka disuruh tidur di kamar yang terang dan di hari berikutnya tidur di kamar yang gelap. Dari hasil studi tersebut 95% orang mengatakan tidur di ruangan yang gelap ketika bangun pagi mereka merasakan tubuhnya lebih segar dan tidurnya pun puas.

5. Menghindari Begadang


Cara tidur sehat yang kelima yaitu menghindari begadang. Begadang kalau tidak perlu sebaiknya jangan dilakukan. Khusus pria biasanya mereka begadang karena menonton acara pertandingan sepak bola, anda bisa mengakalinya dengan tidur ketika sore dan bangun ketika acaranya akan dimulai. Ini untuk menghindari tubuh lemas akibat kurang istirahat.

6. Mengatur Suhu Ruangan


Cara tidur sehat yang terakhir adalah mengatur suhu ruangan yang tepat. Suhu kamar yang terlalu panas justru akan mengganggu tidur anda, begitu pula jika terlalu dingin, anda harus lebih memperhatikan temperatur suhu di ruangan tersebut. Sebagai solusinya, gunakanlah AC yang otomatis bisa mengatur suhu. Sekarang ini banyak sekali produk AC yang bisa melakukan hal tersebut.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Cara Tidur yang Baik menurut Ilmu Kesehatan"

Posting Komentar