6 Aturan Penting sebelum Mengizinkan Anak Menonton TV

Televisi menyajikan berbagai program yang menarik sebagai media hiburan. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun sangat gemar menonton TV. Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para orangtua sebelum mengizinkan anak-anaknya menonton TV.


Berikut ini adalah 6 aturan penting sebelum mengizinkan anak menonton TV.

1. Batasi Waktunya


Menonton TV adalah kegiatan pasif yang kurang menstimulasi otak, karenanya anak-anak tidak boleh terlalu banyak menonton TV. Batasi waktu menonton TV bagi anak-anak, maksimal 3 jam sehari dan terbagi dalam beberapa sesi. Beri juga aturan-aturan waktu dimana mereka tidak diizinkan menonton TV, misalnya saat makan atau di malam hari ketika waktunya belajar.

2. Pilih Channel yang Sesuai


Gunakan fitur Child Lock yang tersedia pada televisi untuk mengatur channel mana yang boleh ditonton anak-anak. Bila mungkin, pilih channel-channel khusus anak yang tersedia pada televisi-televisi berlangganan.

3. Pilih Tayangan yang Sesuai


Kecuali anda memilih channel khusus anak, masih mungkin ada tayangan-tayangan yang tidak sesuai bagi usia si kecil. Karena itu, beri aturan tegas pada si kecil tentang program-program mana yang boleh ditonton. Hindarkan anak-anak dari sinetron, tayangan dewasa, dan tayangan yang menonjolkan kekerasan. Selain itu, selalu dampingi anak-anak ketika menonton televisi sehingga anda bisa menjelaskan hal-hal yang tidak dimengerti.

4. Anda Juga Harus Ambil Bagian


Ketika anda berusaha melindungi anak-anak dari tontonan yang tidak sesuai, anda harus ambil bagian di dalamnya. Jangan menonton acara-acara dengan rating dewasa, misalnya sinetron dan film ketika anak-anak belum tidur. Beri pengertian juga pada orang lain yang menjaga anak-anak ketika anda di luar rumah untuk melakukan hal yang sama.

5. Ketika Kecolongan


Ketika anda mendapati anak-anak menonton acara yang menampilkan kata-kata kasar, beri mereka pengertian bahwa itu tidak layak ditiru. Ketika si kecil menonton acara yang menonjolkan kekerasan, jelaskan pada mereka bahwa adegan itu hanya ada di dalam film dan tidak boleh mereka lakukan di dunia nyata.

6. Alihkan Anak-Anak dari Televisi


Meski yang ditonton adalah program anak-anak, waktu untuk menonton televisi harus tetap dibatasi. Ajaklah anak-anak untuk lebih banyak melakukan kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat, namun tetap menyenangkan. Untuk itu, anda harus lebih kreatif dalam menciptakan kegiatan yang asyik bagi anak, bisa dengan membacakan cerita, bermain bersama, menggambar, atau bermain ke luar untuk mengenalkan mereka pada alam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Aturan Penting sebelum Mengizinkan Anak Menonton TV"

Posting Komentar