5 Cara Melembapkan Kulit Kering secara Alami

Cara Melembapkan Kulit Kering. Kulit tubuh yang indah dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, karena iklim cuaca dimana kita berada berbeda-beda, hal ini biasa membuat kulit menjadi kusam dan kering. Selain itu kebiasaan kita juga dapat mempengaruhi kondisi kulit kita sehingga menjadi kering dan kusam.


Contohnya antara lain seperti: tidak peduli dengan kebersihan tubuh, sering bepergian di siang hari tanpa menggunakan pelembap, tidak menggunakan pelindung seperti payung atau jaket, dan juga jarang minum air putih. Jarang memakan buah dan sayur juga mempengaruhi kesehatan kulit kita. Lalu bagaimana cara melembapkan kulit yang kering? Ini dia 5 cara melembapkan kulit kering secara alami.

1. Oatmeal


Oatmeal sangatlah efektif untuk melembapkan kulit kering. Teksturnya yang lembut dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang tumbuhnya sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Caranya, siapkan 2 sendok oatmeal yang telah dihancurkan hingga menjadi serbuk halus, 1 sendok madu, 4 sendok susu skim hangat, dan 1 sendok minyak almond; kemudian campurkan dengan menggunakan blender.

Aplikasikan ramuan tersebut pada kulit kering yang telah dibersihkan dan diuapi dengan uap panas untuk dapat membuka pori-pori kulit. Biarkan sekitar 30 menit. Bersihkan dengan waslap basah sampai bersih. Kompres kulit dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit. Keringkan dengan handuk lembut.

2. Lidah Buaya


Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki khasiat yang sangat banyak dan salah satunya mampu untuk melembapkan kulit kering baik itu kulit kering pada wajah atau bagian tubuh yang lain. Selain untuk melembapkan kulit kering, tanaman lidah buaya ini dapat mencerahkan kulit wajah yang kering dan kusam.

Cara menggunakan lidah buaya ini juga sangat mudah, yaitu dengan menyiapkan 2/3 cangkir air mineral dan 1/3 cangkir lendir lidah buaya. Lalu campur kedua bahan tadi hingga merata, dan masukkan ke dalam botol yang bersih dan dinginkan ke dalam kulkas. Jika anda ingin menggunakannya, kocok terlebih dahulu lalu oleskan secara merata pada bagian kulit kering yang sebelumnya sudah dibersihkan.

3. Madu


Madu merupakan bahan alami yang sangat sempurna untuk melembapkan kulit kering. Madu mampu mengangkat sel-sel kulit mati, dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru yang lebih sehat. Madu bersifat humektan (menarik air), sehingga mampu mempertahankan kelembapan kulit. Madu juga bersifat anti-bakteri dan anti-iritasi, sehingga cocok untuk kulit yang kering dan sensitif.

Cara merawat kulit menggunakan madu sangatlah mudah. Anda dapat langsung mengoleskan madu murni pada kulit yang sudah dibersihkan. Biarkan 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Atau, siapkan 2 sendok madu, 2 sendok cocoa butter yang sudah dilelehkan, dan 2 tetes minyak lavender. Campur semua bahan sampai merata, lalu aplikasikan pada kulit yang sudah dibersihkan.

4. Minyak Zaitun


Minyak zaitun tidak hanya bagus untuk dikonsumsi, tapi juga bermanfaat untuk merawat kulit, yaitu mampu melembapkan kulit. Orang Yunani kuno biasa menggunakan minyak zaitun untuk mandi, yaitu dengan menambahkan minyak zaitun ke dalam air, kemudian digunakan berendam. Minyak zaitun mengandung senyawa alami yang disebut asam linoleat, yang mampu mencegah air dalam kulit untuk keluar, sehingga kelembapan tetap terjaga.

Asam linoleat tidak dapat diproduksi oleh tubuh, dan harus diperoleh dari makanan. Penelitian menunjukkan, minyak zaitun tidak hanya mampu melembapkan kulit, tapi juga bisa mengurangi gejala psoriasis, dermatitis, dan eksim. Bahkan, minyak zaitun mampu mengurangi peradangan dan menenangkan serta menyembuhkan kulit yang terbakar oleh sinar matahari.

5. Air Putih


Cara yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Kenapa? Tahukah anda bahwa dampak dehidrasi pada kulit akan memperburuk kondisi kulit kita, kurangnya cairan dalam tubuh akan membuat kulit kita menjadi kusam, kering, dan kasar.

Hal itu disebabkan oleh fungsi enzim dan resistensi yang kurang optimal. Maka dari itu, disarankan untuk rajin meminum air putih di setiap kesempatan untuk mengoptimalkan kelembapan pada kulit.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Melembapkan Kulit Kering secara Alami"

Posting Komentar