5 Cara Mengobati Sariawan secara Alami

Cara Mengobati Sariawan. Salah satu gangguan pada bagian mulut yang sering terjadi adalah sariawan. Penyakit ini terlihat sepele namun cukup mengganggu aktivitas menyantap makanan apalagi saat mengunyah makanan. Sehingga hal ini bisa menyebabkan nafsu makan menurun.


Dalam istilah medis sariawan sering disebut dengan stomatitis aftosa yaitu suatu kelainan yang terjadi dimana selaput lendir mulut terluka yang berwarna bercak putih kekuningan dan permukaan berbentuk cekung. Beberapa penyebab munculnya sariawan antara lain terlalu banyak memakan makanan pedas dan berminyak, mengkonsumsi obat-obatan yang tidak cocok, membiarkan perut kosong dalam waktu yang lama, dan luka akibat tergigit yang tidak disengaja.

Cara mengobati sariawan pada dasarnya sangatlah mudah. Bahkan bisa menggunakan bahan-bahan alami. Berikut adalah 5 cara mengobati sariawan secara alami.

1. Pisang dan Madu


Sobat bisa membuat pasta dari pisang dan madu. Caranya, haluskan buah pisang dengan menggunakan sendok atau garpu, lalu campurkan dengan madu, dan aduk hingga rata. Selanjutnya, oleskan campuran itu pada luka sariawan. Hal itu berguna untuk mencegah peradangan.

2. Minyak Kelapa dan Madu


Minyak kelapa bersifat anti bakteri, sobat dapat mencampurkan madu dengan minyak kelapa dan mengaduknya hingga merata. Kemudian oleskan pada bagian luka sariawan. Sebaiknya lakukan langkah ini setiap malam sebelum tidur.

3. Kunyit


Selain sebagai bahan rempah-rempah, ternyata kunyit juga bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Caranya dengan membuat pasta dari kunyit. Langkahnya cukup mudah, cuci bersih kunyit, kemudian haluskan dengan blender, lalu oleskan halusan kunyit tersebut pada bagian luka sariawan, diamkan selama 15 menit.

4. Sirsak


Buah sirsak merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin tinggi. Bahkan bisa dikatakan sangat tinggi di antara beberapa jenis buah yang kaya vitamin C. Sobat hanya perlu mengkonsumsi buah sirsak secara langsung, atau mencampur daging buahnya dengan air hangat kemudian diminum.

5. Daun Jambu Biji


Daun jambu biji juga punya banyak manfaat, selain dapat mengobati sakit perut, ternyata juga dapat mengobati sariawan. Caranya, dengan menghaluskan beberapa daun jambu biji bersama sedikit air dengan cara ditumbuk atau diblender, kemudian oleskan pada bagian luka sariawan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mengobati Sariawan secara Alami"

Posting Komentar