5 Cara Mengobati Mata Bengkak secara Alami

Cara Mengobati Mata Bengkak. Kulit di area mata merupakan kulit yang sensitif dan tipis. Apabila terjadi sedikit saja pembengkakan di daerah tersebut pasti terlihat. Bengkak pada mata bisa disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah karena infeksi mata, usai menangis, sampai dengan adanya cedera di sekitar mata.


Mata yang membengkak bisa mengganggu penampilan. Oleh karena itu perlu diatasi dengan segera. Sebelum mencoba mengobatinya, tidak ada salahnya sobat untuk mengetahui penyebab terjadinya bengkak itu sendiri.

#Menangis. Siapa yang tidak pernah menangis? Biasanya seorang yang menangis dalam waktu yang lama akan membuat mata bengkak karena adanya retensi cairan pada kelenjar mata di sekitar kelopak mata.

#Kurang tidur. Waktu tidur yang singkat karena banyaknya pekerjaan yang menumpuk atau hanya sekedar begadang dalam jangka waktu lama akan menyebabkan kelelahan pada mata, dan hal ini dapat menyebabkan mata membengkak.

#Genetik. Sobat pernah melihat seseorang yang matanya terlihat bengkak walaupun dia tidak sedang menangis ataupun tidak sedang kekurangan tidur? Mungkin orang tersebut mempunyai bentuk mata yang demikian karena faktor genetik atau keturunan.

#Usia. Seiring dengan bertambahnya usia maka kulit tipis di sekitar mata akan kehilangan elastisitasnya dan akan menggantung sehingga terlihat seperti membangkak.

#Merokok dan minum alkohol. Konsumsi alkohol yang berlebihan dan merokok membuat mata berwarna merah dan memicu bengkak di bawah mata.

Cara Mengobati Mata Bengkak secara Alami

1. Timun


Apakah sobat pernah melihat seseorang yang sedang memakai masker wajah kemudian matanya ditutupi dengan irisan timun? Hal itu dilakukan untuk mengurangi bengkak pada mata. Caranya adalah dengan mendinginkan irisan timun di dalam lemari es selama kurang lebih 10 menit, setelah itu tempelkan irisan timun tersebut ke mata.

2. Kentang


Selain dengan menggunakan timun, kentang juga bisa digunakan untuk mengatasi mata bengkak. Caranya, kupas kentang dan cuci bersih, dan biarkan mengering. Setelah itu parut kentang. Parutan kentang lalu dibungkus dengan menggunakan kain kemudian kompreskan pada mata.

3. Kantung Teh


Sediakan teh celup kemudian seduh dengan air panas. Angkat teh celup tersebut lalu diamkan sebentar hingga menjadi hangat. Tempelkan pada mata yang bengkak dan tutup dengan kain selama 5-10 menit.

4. Es Batu


Menggunakan es batu ini sebagai salah satu cara mengobati mata bengkak sangat mudah dijumpai. Kompres bagian mata yang bengkak dengan es batu. Jika terlalu dingin, pakai dengan es batu yang sudah mencair, tetapi suhu dinginnya tetap terjaga. Basuhkan air dingin ke wajah dan bagian yang bengkak.

5. Bawang Putih


Kenapa bawang putih? Karena bawang putih mengandung sumber antioksidan serta efektif sebagai pembunuh bakteri alami. Caranya: Siapkan satu siung bawang putih yang sudah dikupas terlebih dahulu. Lalu cincang dan ditumbuk sampai benar-benar halus. Oleskan pada bagian mata yang bengkak. Lakukan sebanyak 1 kali dalam sehari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Cara Mengobati Mata Bengkak secara Alami"

Posting Komentar